Dizzy Gillespie, Penyanyi Jazz Legendaris

Tidak ada satu orang di sekitar yang tahu musik jazz yang tidak mendengar nama Dizzy Gillespie. Dizzy Gillespie adalah seorang komponis, penyanyi, pemain jazz trumpet dan pemimpin band. Dia bersama dengan Charlie Parker adalah pencipta musik jazz modern dan bebop. Dizzy juga mulai jazz Afro-Kuba.

Dia memiliki karunia membuat harmoni baru yang berlapis dan kompleks. Pada saat itu, hal itu tidak dilakukan di jazz sebelumnya. Ia paling dikenang karena terompet ia bermain itu membungkuk. Itu sengaja hancur ketika ia berada di pekerjaan di tahun 1953. Anehnya, Dizzy menyukainya karena cara itu mengubah nada instrumen.

Penyanyi Jazz Legendaris

Dizzy lahir John Birks pada tanggal 21 Oktober 1917 di Carolina Selatan. Dia adalah anak bungsu di keluarga sembilan anak-anak. Ayahnya adalah seorang pria yang mengerikan yang mengalahkan anak-anaknya setiap saat, dan meninggal ketika pusing berusia 10 tahun. Dia belajar sendiri cara bermain terompet ketika ia berusia dua belas tahun. Ia memenangkan beasiswa untuk Laurinburg Institute tetapi, putus sekolah dan pergi ke Philadelphia untuk mengejar musik penuh-waktu. Lihat juga kumpulan game musik android

Ia bermain dengan Frankie Fairfax dan dicatat untuk pertama kalinya pada tahun 1937. Dia kemudian adalah bagian dari band Cab Calloway, namun dikritik karena solo, menyebut mereka “musik Cina”. Ia diusir karena Cab mengatakan bahwa ia mengirim Spitball arahnya, dan Dizzy, marah menusuknya di leg dengan pisau.

Dizzy adalah bagian dari Duke Ellington, Woody Herman dan banyak band lainnya. Itu dengan band Billy Eckstine di mana bermain yang unik lebih cocok daripada di tempat lain. Dia bertemu lagi dengan Charlie Parker. Bersama-sama mereka bermain klub terkenal seperti Monroe Uptown House, dan Minton Playhouse. Di sinilah musik jazz berkembang lagi dan bebop diciptakan.

Pada awalnya banyak orang tidak suka bebop. Mereka digunakan untuk musik jazz lama, dan berpikir suara baru dari bebop adalah ancaman dan takut itu. Gaya Dizzy ini memiliki efek pada pemain trompet dan musisi muda yang ia mampu mentor. Contoh musik bebop yang “Groovin ‘High”, “Salt Peanuts” dan “A Night In Tunisia”. Musisi yang ia mengajar bebop untuk berada Miles Davis dan Max Roach.

Akhirnya, band ini berangkat, sebagai penonton tumbuh waspada terhadap musik jazz baru. Dizzy ingin pergi besar, dan mencoba untuk membuat band besar sendiri pada tahun 1945 namun tidak berhasil dengan itu. Dia mulai kelompok-kelompok kecil lain dan akhirnya menempatkan sebuah band besar bersama-sama yang sukses. Dia soloed berkali-kali dengan Jazz di Philharmonic.

Dizzy membuktikan dirinya di luar negeri di Perancis ketika ia mulai band besar ketiga, dan melakukan beberapa konser dan album.

Selama tahun 1940-an Dizzy adalah menyusun musik Afro-Cuban. musik Afro-Cuban adalah kombinasi dari bahasa Latin dan musik Afrika, pop dan salsa. Pekerjaan yang paling terkenal adalah “Tin Tin Deo” dan “Manteca”. Pusing bertanggung jawab untuk menemukan musisi Arturo Sandoval sementara ia berada di tur di Kuba meneliti musik. Bandingklan dengan¬†not angka love yourself

Dizzy terus menjangkau orang-orang dengan musiknya bahkan di televisi dan film. Dia berada di Sesame Street dan The Cosby Show. Dia meninggal pada tahun 1993 dari Kanker Pankreas, ia berusia 75 tahun. Dia memiliki dua pemakaman, salah satu adalah untuk teman-teman dan keluarga dan pemakaman lainnya adalah untuk masyarakat di Katedral St John the Divine. Dizzy Gillespie adalah inovator khusus di jazz dan terus dikenang di New York Bahai Center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *