Bagaimana Cara Menghindari Berita Hoax

 

Dewasa ini banyak beredar berita-berita yang tidak diketahui sumbernya dan kebenarannya. Tidak sedikit yang percaya dengan berita-berita yang bahkan baru saja diterimanya dan terkadang kebanyakan dari berita itu adalah berita tidak benar, saat ini orang sering menyebutnya berita hoax. Terkadang orang pertama yang menyebarkan berita hoax itu lah yang seharusnya disalahkan. Kita lah yang harus berhati-hati dan berusaha menghindari berita hoax tersebut. Untuk mencari penyebar berita awal jelas sangat sulit, karena biasanya berita hoax disebarkan melalui dunia maya lalu disebarkan ke seluruh Indonesia juga dunia.

 

Tips Dan Cara Menghindari Berita Hoax

 

Berita hoax adalah berita yang tidak benar berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sumbernya. Berita seperti ini sudah sangat banyak beredar di dunia maya terkadang berita ini juga bisa disebar melalui pesan singkat. Motif pelaku menyebarkan berita tersebut tidak pernah diketahui karena untuk mencari penyebar berita dianggap mustahil. Berita hoax hanya dianggap sebagai dampak dari kemajuan teknologi yang menjadi media untuk menyebarkan berita-berita tidak benar tersebut. Lalu bagaimana cara menghindari berita hoax tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara menghindari berita-berita hoax.

 

  1. Memastikan dengan mencari di Internet (browsing)

Sudah berapa artikel membahas tentang kemajuan teknologi yang mungkin memiliki dampak buruk juga dampak baik. Mudah tersebarnya berita hoax adalah salah satu dampak buruk dari kemajuan teknologi. Berita-berita tidak hanya berita hoax tetapi juga berita lainnya yang memang jelas sumber dan kebenarannya sangat mudah beredar di kalangan masyarakat melalui dunia maya. Sumber baru mengeluarkan sejam yang lalu sekarang sudah bisa kita baca melalui dunia maya dengan browsing. Browsing atau bisa kita artikan mencari informasi dengan menjelajah dunia maya, dengan cara ini kita bisa memastikan berita yang kita dapat sebelum mempercayainya. Dengan begitu kita bisa menghindari berita hoax.

 

  1. Tanyakan tentang berita yang didapat kepada lebih dari 2 orang

Pastinya sebuah berita didapat dari beberapa rekan atau bahkan keluarga. Setelah mendapat berita tersebut diusahakan menanyakannya lagi kepada selain keluarga atau rekan yang memberikan berita tersebut. Bertanyalah pada lebih dari 2 orang apakah mereka sudah mendengar berita itu, jika sudah pastikan apakah benar. Dari beberapa orang yang Anda tanyai tersebut pasti ada salah satu yang memberikan kebenaran dan bukti tentang berita itu hoax atau memang nyata.

 

  1. Pastikan sumbernya

Mengetahui sumbernya memang sulit, tetapi minimal Anda bisa tahu mana sumber yang terlihat akurat mana yang terlihat meragukan. Dan bertanyalah pada si pengirim berita pada Anda darimana mendapatkan berita tersebut. Cara ini bisa juga digunakan untuk menghindari berita hoax.

 

  1. Ingatlah bahwa ciri berita hoax yaitu terlihat tidak akurat dan terlalu berlebihan

Jika Anda orang berpengetahuan pasti bisa membedakan mana berita yang terlihat akurat dan mana yang dibaca seperti berlebihan dalam menginformasikan sebuah berita. Saat ini sudah banyak orang-orang yang pandai dalam membedakan berita itu hoax atau benar dengan mengamati ciri berita hoax tersebut.

 

Beberapa cara tersebut bisa dicoba untuk menghindari berita hoax, bagaimana membedakan mana berita yang akurat mana yang hoax atau tipuan. Kuncinya adalah pandai-pandai lah Anda dalam memilah dan memilih berita yang Anda dapatkan jangan langsung percaya jika memang itu terlihat tidak akurat dan berlebihan dalam penyampaiannya. Cobalah lagi untuk menyaring berita yang Anda dapatkan agar tidak terjebak dengan berita hoax.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *